Aplikasi yang Melacak Lokasi Pengguna Akan di Tindak Tegas Oleh Google

Google telah memberi tahu developer bahwa akan melakukan pembatasan baru pada aplikasi Android, agar mereka tidak perlu melacak lokasi pengguna.

Pengumuman itu dibagikan dalam posting blog di forum pengembang oleh Krish Vitaldevara, Direktur Kepercayaan & Keamanan Manajemen Produk untuk Google Play.

Lewat pemberitahuan ini, Google memberi tahu pengembang bahwa semua aplikasi di Goolge Play Store harus memiliki persetujuan untuk mengumpulkan data, atau jika tidak aplikasi tersebut akan ditarik seluruhnya.

Kebijakan itu akan mulai berlaku pada April, Google hanya akan mulai memberlakukan secara bertahap. Mulai bulan Agustus, semua aplikasi berita di Play store yang secara diam-diam mengumpulkan data lokasi latar belakang akan memerlukan persetujuan terlebih dahulu oleh Google.

Selanjutnya pada November, setiap aplikasi yang melacak informasi lokasi harus disetujui atau akan ditarik dari toko aplikasi Android.

"Kami menemukan bahwa banyak aplikasi yang meminta lokasi, tapi sebenarnya mereka tidak membutuhkannya. Faktanya, banyak dari aplikasi ini dapat memberikan pengalaman pengguna yang sama dengan hanya mengakses lokasi ketika aplikasi terlihat oleh pengguna," tulis Vitaldevara dikutip dari Gizmodo, Sabtu (22/2/2020).

Selain itu, peluncuran Android 11 Google akhir tahun ini akan menyertakan fitur izin bagi pengguna untuk memungkinkan aplikasi menerima data lokasi "satu kali," seperti yang sudah dilakukan Apple.


source: sindonews.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel