5 Tips agar akun instagram anda tidak DI HACK!!!

5 Tips mencegah akun instagram anda DI HACK!!!



 attackernetworkteam.com - Instagram rasanya sudah menjadi media sosial yang wajib dimiliki oleh mayoritas warga dunia, dari usia belia hingga orang tua sekalipun. Dengan jumlah pengguna global mencapai angka miliaran user, media sosial ini juga membuka risiko terhadap masalah privasi dan keamanan.

Tidak bermaksud untuk menakut-nakutin. Kemungkinan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap akun kita seperti kena hack, akun dibobol, dan lain sebagainya. 

Demi mencegah hal-hal negatif tersebut. Ga ada salahnya kita sebagai netizan yang budiman tentunya tahu cara melindungi data dan privasi yang ada di akun kita.


Berikut 5 tips untuk mengantisipasi akun dari incaran hacker:


1.Akun diprivate

Memang sih, ada banyak orang yang ingin akunnya gak di-private agar mudah ditemukan dan dilihat oleh orang lain. Tapi kalau kamu tipe orang yang gak mikirin soal popularitas, bisa langsung ikuti langkah satu ini.

Caranya mudah,

Dari aplikasi mobile (iOS dan Android) : 
- Klik laman profil > swipe ke arah kiri > pilih Settings > klik “Privacy and Security” > pilih “Account Privacy” > aktifkan “Private Account” pilih on.

Dari situs: 
- Klik laman profil > pilih ikon Settings di sampingnama akun > pilih “Privacy and Security” > ceklis “Private Account” untuk gembok akun.
Kalau akun sudah resmi digembok, orang lain gak bisa akses profilmu, hanya follower saja. Dari sini, kamu bisa mengatur orang-orang yang meminta untuk jadi follower-mu, bisa kamu terima (accept) atau tolak (decline).

2.Singkirkan orang yang mengganggu
Kalau kamu merasa ada follower kamu yang menyebalkan atau bahkan mengganggu kenyamanan sampai bikin kamu curiga, gak perlu pikir panjang untuk langsung singkirkan mereka. Tenang saja, mereka gak akan sadar kalau akunnya di-remove.

Dari aplikasi mobile:
- Buka kolom Followers akunmu > cari nama akun follower incaran > klik tiga titik di samping namanya > klik “Remove”.
Dari situs:
- Klik kolom Followers kamu > cari nama akun follower tersebut > klik profilnya > pilih “Block this user”.

3. Aktifkan Two-factor Authentication
Kamu takut ada orang yang mendadak log-in Instagram dan pura-pura menjadi kamu? Tinggal aktifkan fitur two-factor authentication.
Fitur ini akan mengirimkan pesan SMS ke nomor ponsel dengan kode otentikasi setiap kali kamu ingin log-in Instagram di perangkat baru. Supaya bisa masuk ke profil, kamu harus memasukkan kode tersebut. Jadi, kalau ada orang iseng, tentu saja dia gak bisa mengisinya.
Dari aplikasi mobile:
- Pilih Settings > “Privacy and Security” > klik “Two-Factor Authentication” > “Get Started” > pilih “Text Message” agar kamu gak perlu unduh aplikasi otentikasi lain > masukkan nomor ponsel.
Dari situs:
- Pilih ikon Settings > “Privacy and Security” > “Edit Two-Factor Authentication Setting” > aktifkan “Text Message”.

4. Cek riwayat aktivitas kamu
Gak cuma Google yang punya History, kamu juga bisa lihat riwayat aktivitas di Instagram. Tujuannya, untuk memastikan gak ada orang lain yang menjalankan profil kamu selama ini. Instagram punya fitur yang bisa memperlihatkan riwayat log-inlog-out, perubahan password, dan lain-lain.
Dari aplikasi mobile:
- Pilih Settings > “Privacy and Security” > Access Data”
- Di laman “Access Data”, kamu akan disuguhkan berbagai macam riwayat, seperti tanggal pertama kali bikin akun, perubahan password, alamat email, nomor telepon, username, aktivitas log-in, log-out, dan lain sebagainya. Kamu bisa klik satu-satu untuk melihat riwayat.
Dari situs:
- Klik ikon Settings > “Privacy and Security” > klik “View Account Data”.
5. Hindari penggunaan aplikasi yang bisa ambil data akun IG kamu
Banyak banget aplikasi pihak ketiga yang meminta akses ke data Instagram kamu, contohnya aplikasi yang menawarkan jadwal postingan Instagram.
Jadi, sebelum asal setuju dengan permintaan akses mereka, coba kamu pikirkan terlebih dahulu bahwa semakin banyak perusahaan yang punya informasi pribadi kamu, semakin tinggi kemungkinan data tersebut dicuri atau disalahgunakan.
Nah, kalau kamu ingin mengurangi atau mencabut akses dari aplikasi yang sudah terlanjur terintegrasi dengan akun Instagram kamu, kamu harus membuka profil dari situs web langsung.

Caranya:
- Klik profil kamu > klik ikon Settings > klik “Authorized Apps” > pilih tombol “Revoke Access” di aplikasi manapun yang ingin kamu cabut aksesnya > pilih “Yes”.

Gimana? Gampang kan caranya? Hehe.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel