Mengenal Virus Ransomware, Senjata Ampuh Penjahat Internet



Masih ingatkah kalian dengan kasus peretasan menggunakan ransomware 3-4 bulan yang lalu?, ya ransomware merupakan salah satu ancaman besar yang mengancam jaringan komputer saat ini

Namun apakah kalian sendiri sudah tau apa itu ransomware?

Ransomware adalah jenis perangkat perusak yang dirancang untuk menghalangi akses kepada sistem komputer atau data hingga tebusan dibayar. Jenis yang sederhana bekerja dengan mengunci sistem dengan cara yang tidak sulit untuk ditangani oleh orang yang ahli, sedangkan jenis yang lebih canggih akan mengenkripsi berkas sehingga tidak dapat diakses. Serangan ransomware umumnya dilakukan melalui Trojan yang disamarkan sebagai berkas yang normal.

Banyak penjahat online menggunakan ransomware sebagai senjata ampuh tetapi murah, karena mampu dengan mudah dikuasai hacker script kiddie, dan yang dibutuhkan sang hacker hanyalah spam soceng ataupun hak akses untuk masuk ke servernya.

Sebenarnya ransomware bisa diatasi dengan aplikasi dekripsi (decryptor) yang mana akan mendekripsi berkas yang sudah terinfeksi ransomware kembali ke bentuk asalnya. Hanya saja tidak semua jenis ransomware dapat diatasi dengan decryptor terlebih lagi jika di dalamnya terdapat ID Keys Online yang selalu diperbarui dari pihak pembuat ransomware tersebut.


Bagaimana cara menghindari serangan ransomware?
Admin punya tips nih agar jaringan komputer kamu terhindar dari serangan ransomware yaitu, Harus sering-sering melakukan backup ke tempat penyimpanan cadangan seperti External Hard Disk, Tidak terpengaruh oleh pesan-pesan "social engineering" agar mengunduh file tidak dikenal, dan yang paling penting memperkuat server agar tidak mudah diretas hacker

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel