Mengenal Mesin Pencari Shodan

Hai ketemu lagi dengan saya admin gans Romdhoni7,
langsung to the point, mari kita mengenal dan membahas soal shodan.

Apa itu Shodan?
Shodan adalah sebuah mesin pencari yang dirancang untuk mencari perangkat dan sistem komputer yang terhubung dengan World Wide Web. Situs ini diluncurkan pada tahun 2008 oleh programer komputer John Matherly, yang memiliki ide mencari peralatan-peralatan yang terhubung dengan Internet.

Shodan bisa dibilang pisau bermata dua. Disisi positifnya kita bisa memantau apakah perangkat kita terhubung dengan internet secara aman. Disisi lainnya ini memudahkan banyak orang untuk melakukan pencarian tanpa bersusah payah melakukan scanning. Karena proses scanning-nya sudah dilakukan oleh shodan. Hasil scanning itu malah sudah di analisa dan audit lebih lanjut oleh shodan atau user dari shodan.

Seperti yang diungkapkan Matherly (developer shodan) bahwa kebanyakan perangkat dan sistem komputer di dunia terhubung ke Internet, termasuk lampu lalu lintas, kamera keamanan, sistem penghangat rumah, sistem kendali taman bermain, SPBU, jaringan listrik, dan PLTN. Sebagian besar sistem tersebut memiliki keamanan dan perlindungan yang lemah. Kerusakan parah dapat terjadi jika situs ini jatuh ke tangan yang salah. Shodan kini memberikan 10 hasil pencarian untuk pengguna tanpa akun, 50 untuk pengguna berakun, dan semuanya untuk pengguna yang membayar.

Pengguna utama Shodan adalah para profesional keamanan siber, peneliti, dan badan penegak hukum. Walaupun pelaku kejahatan siber bisa juga menggunakan situs ini, kebanyakan di antaranya memiliki akses botnet yang dapat melakukan hal yang sama seperti Shodan tanpa terdeteksi.

Untuk melihat web shodan bisa kalian klik disini

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel